5 Makanan Khas Betawi yang Wajib Kamu Coba

shares |


1. Tauge goreng

Tauge goreng biasanya selalu ada dalam acara pernikahan dengan adat Betawi. Makanan ini terbuat dari tauge yang diberi saus tauco dengan campuran oncom. Meskipun disajikan tanpa menggunakan nasi, tauge goreng ini bisa membuat perut kita kenyang sebab terdapat mi basah, tahu serta lontong dalam setiap penyajiannya.

2. Soto betawi

Berbeda dari soto dari daerah lain, soto Betawi memiliki keunikan sendiri yang membuatnya banyak dicari para pecinta kuliner, sebab memiliki rasa kuah gurih yang berpadu sempurna dengan kelembutan babat di dalamnya.

3. Semur jengkol

Olahan makanan dengan aroma yang khas ini memang gak boleh kamu lewatkan, sebab akan sangat nikmat ketika diolah menjadi semur jengkol khas Betawi.

4. Manisan kolang-kaling

Kali ini giliran makanan manis khas Betawi yang harus kamu coba, yaitu manisan kolang-kaling. Manisan ini terbuat dari kolang-kaling yang diberi daun pandan, soda dan gula, yang kemudian di simpan semalaman agar manisnya meresap.

Manisan ini biasanya selalu ada setiap hari-hari besar seperti Idul Fitri. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri karena caranya tidak repot dan sangat mudah.

5. Tape uli

Yang terakhir ada makanan ringan mirip dengan camilan yang dimakan saat sore hari bagi masyarakat Betawi, yaitu tape uli. Makanan ini terdiri dari dua bagian yaitu tape ketan yang dibuat dengan cara fermentasi menggunakan ragi. Dan beras ketan yang ditumbuk hingga halus dengan alu.

Tape uli akan sangat nikmat bila dimakan secara bersamaan, perpaduan rasa sedikit asam dari tape dan lembutnya tumbukan uli akan menciptakan rasa yang meleleh di mulut.


https://www.idntimes.com/food/dining-guide/adeliadwitas/makanan-khas-betawi-c1c2/full


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar