3 Pola Hidup Sehat Rasulullah yang Patut Ditiru

shares |

Pernah membandingkan kondisi kesehatan dengan orang tua di kala usia kamu saat ini? Pasti berbeda jauh.
Dream – Belum berumur 40 tahun tapi sudah punya banyak keluhan seputar kesehatan. Coba bandingkan dengan kesehatan orang tua di usia yang sedang Sahabat Dream jalani? Mungkin mereka lebih sehat dibandingkan kita.
Saat ini, kebanyakan orang merasa memiliki kondisi yang lebih buruk dibanding dengan orang tuanya saat seusia mereka sekarang.
Untuk mendapatkan tubuh sehat seperti orang dulu, ada beberapa hal yang harus diubah. Tak perlu jauh-jauh mencari contoh hidup sehat. Mengapa tak mencoba hijrah ke kebiasaan sehat dengan meniru pola hidup sehat Rasulullah SAW.

1. Bangun pagi
Nabi Muhammad SAW selalu bangun sebelum azan Subuh berkumandang. Secara ilmiah bangun lebih awal juga terbukti dapat memperbaiki kualitas hidup.

#WaktunyaHijrah ke kebiasaan baik bangun pagi. Mulailah mencoba secara bertahap, dengan bangun 15 menit lebih awal dari biasanya.

2. Berpuasa
Rasulullah rutin berpuasa. Beliau berpuasa tiap hari Senin dan Kamis dan juga puasa-puasa sunnah lainnya. Saat ini dunia sudah mengakui dampak positif dari berpuasa.
Dengan tidak mengonsumsi apapun selama satu hari, organ pencernaan memiliki waktu untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

#WaktunyaHijrah ke kebiasaan baik dengan menjalani puasa sunah.

3. Bersiwak
Nabi junjungan kita, Rasulullah SAW diketahui merawat kesehatan mulutnya dengan cara menyikat gigi menggunakan siwak. Hal ini diketahui dari sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari.
" Siwak membersihkan gigi dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya." (HR Bukhari dan Muslim).

https://www.dream.co.id/fresh/3-pola-hidup-sehat-rasulullah-yang-patut-ditiru-1809207.html

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar